Polres Malang Kota gelar “Safety Riding”

Malangkotanews – Selasa (24/10/2017) Polres Malang Kota, Subdit Dikyasa Dirlantas Polda Jatim bersama Satuan lalulintas makota menggelar kampanye keselamatan untuk kemanusiaan “Safety Riding” di Gedung Unggul Kota Malang.
Pada kesempatan tersebut,Kasubdit Dikyasa Dirlantas Polda Jatim,AKBP Didik Hariyanto,SIK,menyematkan PIN keselamatan berlalu lintas kepada perwakilan peserta sebagai tanda dimulainya pelatihan tersebut.
Dengan didukung pemateri dari MPM Honda,ratusan peserta dari kalangan pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA)ini diajak untuk tertib berlalu-lintas dengan tujuan menekan angka kecelakaan di jalan raya.
Para pelajar diajarkan tentang tata cara beretika dan berkendara yang baik dan aman kepada para pelajar. Seperti berboncengan sepeda motor yang aman, bagaimana melakukan pengereman mendadak saat berkendara serta penggunaan helm standart dengan benar.
Sebagaimana dalam pelatihan,selain helm wajib ada kaca pengaman muka, helm juga harus kondisi terkunci agar tidak terlepas saat diterpa angin atau saat terjatuh. Sehingga dengan menggunakan helm standart tersebut keamanan kepala pengendara terlindung dari benturan yang membahayakan.
Kasubdit Dikyasa Dirlantas Polda Jatim, AKBP Didik Hariyanto mengatakan, terkait Surat Izin Mengemudi (SIM), sesuai UU Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, SIM baru diperbolehkan setelah pemohon berusia 17 tahun.
“Secara hukum, usia 17 tahun dianggap sudah dewasa dan memiliki nalar yang baik. Artinya, bagi para pelajar yang usianya dibawah 17 tahun secara jelas tidak boleh membawa kendaraan saat ke sekolah,” terangnya.
Sementara itu, Kasatlantas polres Malang Kota,AKP Ady Nugroho menjelaskan, “Safety Riding” bertujuan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas. “Sebanyak 500 pelajar setingkat SMA kami libatkan dalam kegiat ini.Sebab angka kecelakaan di jalan raya yang melibatkan pelajar masih cukup tinggi,” tutur Ady Nugroho.
Hal itu juga disebabkan ego para pelajar masih sangat tinggi, sehingga rawan terlibat kecelakaan. Karena kurangnya kesadaran pelajar dalam berlalu lintas sehingga hal tersebut menjadi poin penting dalam giat kampanye keselamatan untuk kemanusiaan “Safety Riding “yang digelarnya.
Selain dihadiri Kasubdit Dikyasa Dirlantas Polda Jatim, AKBP Didik Hariyanto, dalam kegiatan ini juga dihadiri Kasi Dikmas,Kasi Sarang,Kasi Prasjal,Kanit Dikmas serta Kasatlantas Polres Malang Kota beserta pejabat Satlantas Polres Makota.(surabayapost.net/llil).

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

92total visits,1visits today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *