Polres Malang Kota, Ringkus tersangka penggelapan mobil

Malangkotanews- Kamis (9/11) Pemilik jasa persewaan mobil kini harus lebih waspada. Sebab mobil sewaan rawan diselewengkan oleh pelaku kejahatan. Di Kota Malang, tim Reskrim Polres Malang Kota berhasil menangkap seorang tersangka bernama Alam Sangkam (29). Warga Jalan Sumbersari tersebut ditangkap setelah menggelapkan tujuh unit mobil milik salah satu perusahaan rental mobil di Kota Malang.

Kapolres Malang Kota, AKBP Hoiruddin Hasibuan mengatakan, penangkapan tersangka berawal dari laporan salah satu pemilik mobil pada polisi. “Modusnya, pelaku meminjam mobil milik korban, kemudian diagadaikan dengan nilai Rp 25 juta untuk satu unit mobil,” kata AKBP Hoiruddin Hasibuan, Kamis (9/11/2017).
Dari tujuh unit mobil berbagai merk tersebut, dua mobil diantaranya sudah ditebus pemiliknya. Sedangkan lima unit lainnya saat ini diamankan di Polres Malang Kota. “Dari hasil pengakuan tersangka, dia melakukan penggelapan mobil ini sendirian,” tuturnya.
 Uang hasil kejahatan tersebut digunakan tersangka untuk menutupi kebutuhan sehari-hari, berfoya-foya, dan membayar hutang. “Tersangka menyewa mobil itu pada satu perusahaan rental.  Inilah canggihnya tersangka, dia bisa meyakinkan korban dengan menyewa tujuh unit mobil tanpa jaminan,” ujar Hoiruddin.
Selain menggelapkan mobil, alumnus salah satu perguruan tinggi negeri di Kota Malang ini juga menggelapkan sertifikat tanah. “Dia juga menggadaikan sertifikat dengan nilai gadai Rp 135 juta,” tandasnya.
Akibat perbuatannya, tersangka dikenai  pasal 372 KUHP tentang penggelapan dengan ancaman hukuman empat tahun penjara.
Sementara itu, pemilik mobil, M. Syaiful Basri (41) mengakui jika pelaku merupakan pelanggan lama. Sehingga ia mempercayakan mobilnya pada tersangka tanpa jaminan. “Pelaku langganan lama, sering pinjam mobil dalam jumlah banyak, jadi saya percaya saja,” pungkasnya. (RRI/num)

 

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

90total visits,1visits today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *