4 hari Operasi Zebra Polres Malang Kota tindak 1624 pelanggar

Malangkotanews- Minggu (5/11) Operasi Zebra 2017, Kasatlantas Polres Malang Kota AKP Ady Nugroho mengungkapkan operasi zebra ini sudah berjalan 4 hari namun sudah banyak berdampak pada berkurangnya tingkat kecelakaan.

Operasi Zebra Semeru 2017 sejak 1 November 2017 sampai 4 November 2017, ditingkat Polres Malang Kota berhasil menindak pelanggar yang jumlahnya mencapai 1624 pelanggar, ini salah satu yang berdampak kurang nya tingkat kecelakaan di kota Malang.

Operasi digelar di beberapa titik, seperti di kawasan Universitas Brawijaya (UB), daerah Blimbing,  kawasan Langsep, PDAM lama, Fly over Arjosari  dan Fly over Kota Lama, Landungsari, Jalan Veteran, dan Jl Bandung.

Petugas memberikan surat tilang  kepada para pengendara yang melanggar aturan lalu lintas, salah satunya lantaran tak memiliki kelengkapan surat kendaraan.

Hari minggu kemarin (4/11/2017) petugas menindak 425 pelanggar yang merupakan hasil dari beberapa jajaran Polres Malang Kota, seperti Polsek Klojen yang telah melakukan penindakan 52 pelanggar, Polsek Blimbing (25 pelanggar), Polsek Kedungkandang (50 pelanggar), Polsek Lowokwaru (25 pelanggar) dan terakhir Polsek Sukun menindak (29 pelanggar).  untuk pelanggar yang diamankan Polres Malang Kota sebanyak 244 orang.

Data terakhir 425 pelanggar ditambah dengan hasil operasi selama tiga hari menjadi 1.624 pelanggar.

“Memang operasi bisa menekan terjadinya pelanggaran lalu lintas yang berujung kecelakaan.  Saat ini ada penurunan tingkat kecelakaan lalu lintas sekitar 13 persen,” Ucap AKP Ady.

Dalam kategori kecelakaan yang fatal, mengalami penurunannya mencapai 33,3 persen dari 67 orang pada tahun 2016 menjadi 47 orang pada tahun 2017.

“Penanganan dimulai dari ketertiban awal yakni masalah administrasi,” ujar kasatlantas.

Keberhasilan menurunkan angka kecelakaan ini, Polres Malang Kota termasuk dalam lima besar Polres di Indonesia dalam kategori penanganan kecelakaan lalulintas yang baik.