Apel tiga Pilar wujudkan kondisifitas kota malang dalam rangka pengamanan Pilkada 2018

Humasmakota – Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri, SIK, MH. bersama Dandim 0833 Kota Malang dan Walikota Malang menggelar apel tiga pilar dari instansi Pemerintah,  Polri dan TNI, di halaman Balai Kota Malang, Jumat (8/6/2018).

Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga kondisifitas Kota Malang dalam rangka pengamanan Pilkada 2018. Acara yang diikuti oleh Camat, Kepala OPD, Lurah, Babinsa dan Polisi RW, ini menghadirkan tiga pimpinan daerah yakni Pjs WaliKota Malang, Dr Ir Wahid Wahyudi MT, Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri SIK, MH., Dandim 0833/Kota Malang Letkol Inf Nurul Yakin.

“Kondusifitas Kota Malang telah menjadi tugas dan tanggung jawab kita bersama untuk memberikan rasa nyaman, rasa aman bagi masyarakat Kota Malang,“ ujar Pjs Wali Kota Malang, Wahid Wahyudi.

Wahid mengatakan kondusifitas kota malang telah diakui secara internasional, pada forum jejaring kota-kota kondusif se-dunia yang digelar di Kota Antalya Turki pada tahun 2016. Karena itu, prestasi ini harus dijaga untuk tetap membuat masyarakat merasa tenang dan aman.

Selanjutnya, Kapolresta Malang, AKBP Asfuri SIK mengajak dialog interaktif peserta kegiatan ini untuk lebih mengenal lebih dekat hubungan antara polisi RW dengan ketua RW dan RT-nya. Ia berharap tamu harus lapor 1x 24 jam, harus bisa kembali diaktifkan untuk mengamankan wilayah.

“ini saya lihat sudah mulai kendor, tolong ketua RT dipajang lagi tulisan-tulisan itu, termasuk masyarakat yang baru datang kontrak, kos wajib lapor karena terindikasi para pelaku radikalisme adalah orang  pendatang kos dan kontrak. Termasuk juga untuk mengantipasi gangguan kamtibmas kriminnalitas, kegiatan pos kamling ini mari kita galakkan kembali di tiap RT dan RW,” ujar Asfuri.

Sementara itu, Dandim 0833/Kota Malang Letkol Inf Nurul Yakin mengharap partisipasi masyarakat dalam melaporkan kejadian yang tidak lazim di lingkungan sekitarnya. Teroris itu, menurutnya adalah kejahatan kemanusiaan dan merupakan kejahatan diluar batas-batas kemanusian, bukan hanya tugas aparat keamanan TNI/Polri namun tugas kita semua dalam kapasitas  diri masing-masing.

“Apa yang kita bisa kalo hanya sekedar informasi atau himbauan kerjakan. Mudahan-mudahan dengan demikian ketahanan ideologi tadi bisa dapat terwujud termasuk ketahanan lingkungan” ujar Nurul Yakin.

Selain menggelar apel tiga pilar dari instansi Pemerintah, Polri dan TNI, di halaman Balai kota Malang, semua peserta yang hadir juga saling menjalin keakraban dengan menggelar berbuka puasa bersama dan sholat magrib berjemaah.(*) timesindonesia.co.id