Deklarasi Damai, dari Kampus untuk Bumi Arema yang kondusif

Tribratanewsmakota – Kondusifitas Kota Malang menjadi atensi dan tanggung jawab bersama seluruh masyarakat, baik yang warga Malang asli maupun yang berasal dari luar daerah.

Untuk menegaskan terkait kondusifitas itu, Forum Arema Kampus (FAK) menggelar Deklarasi Damai ‘Dari Kampus Untuk Bumi Arema Yang Kondusif’ di Universitas Islam Malang, Sabtu (7/7).

Hadir dalam acara itu, Kapolresta Malang, AKBP Asfuri; Dandim 0833 Kota Malang, Letkol Inf Nurul Yakin; Sekda Kota Malang, Wasto; Ade D’Kross, Anto Baret, para sesepuh Aremania serta perwakilan organisasi masyarakat (Ormas).

“Tetap pertahankan loyalitas ke Bumi Arema dan Indonesia Raya,” tegas Ade D’Kross.

Ade menambahkan, acara yang digagas FAK merupakan suatu hal yang positif. Ade juga sedikit mengingatkan kembali bagaimana perjuangan arek-arek Malang dalam menjaga kondusifitas dan keamanan pada saat terjadi kericuhan seperti di tahun 1998.

“Tahun 98′ dulu saat belum ada Arema Kampus, semua pada kumpul di jalan-jalan waktu Pak Harto lengser, kita sebagai arek Malang waktu itu ingin menjaga karena dimana-mana banyak terjadi kericuhan. Kita cuma ingatkan, pada demonstran saat itu agar tidak ngisruh. Silakan semua berbuat apa saja semaunya, tapi jangan di Kota Malang,” terangnya.

“Kalau sudah jadi Arema berarti juga harus menjaga Malang ini agar tetap kondusif. Malang sudah memiliki predikat kota kondusif, harus bersama kita pertahankan. Bukan hanya untuk besok tapi selamanya,” ucap Kapolresta Malang, AKBP Asfuri.

“Terus terang ini kota yang paling berkesan selama saya dinas selama ini.
Malang ini luar biasa. Punya kesempatan kuliah di Malang, tapi jangan bikin kacau di Malang. Malang itu tempat belajar, tempat cari jodoh, tempat cari kawan, tapi jangan ada hal negatif. Saya sangat apresiasi ini, selagi positif akan selalu saya dukung,” tegas Dandim 0833 Kota Malang, Letkol (Inf) Nurul Yakin.

Adapun poin-poin dalam Deklarasi Damai ‘Dari Kampus untuk Bumi Arema yang Kondusif’ adalah sebagai berikut;

1. Kami, Forum Arema Kampus, akan tetap menjaga, dan mendukung TNI dan Polri, dalam menjaga, situasi aman dan kondusif, di Bumi Arema.

2. Kami, akan tetap menjaga, kerukunan sesama mahasiswa – mahasiswi, dari berbagai suku bangsa.

3. Kami, menyerukan kepada, seluruh mahasiswa – mahasiswi dari berbagai daerah, untuk bersama – sama, menjaga kondusifitas Bumi Arema.

4. Kami, tidak akan terprovokasi, dengan Isu – isu yang bersifat SARA, yang dapat, memecah belah, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

5. Kami, sepakat dan satu tekad, dalam melawan radikalisme.