Doa bersama Pilkada Damai Kota Malang, Sinergitas TNI-Polri & Forpimda Kota Malang dalam Tabligh Akbar Riyadlul Jannah

Humasmakota – Belasan ribu umat muslim berbaur jadi satu dengan prajurit TNI dan Polri di Lapangan Rampal, Kota Malang, Kamis malam (10/5/2018). Mereka larut dalam kekhidmatan tabligh akbar sinergi TNI-Polri, Forpimda Kota Malang bersama Majelis Ta’lim Riyadlul Jannah Malang Raya.

Acara yang dimulai pukul 20.00 itu berlangsung khidmat. Jamaah TNI-Polri dan umat muslim Kota Malang larut dalam dzikir dan shalawat. Acara ini dihelat dalam rangka menyambut Bulan Ramadhan dan ikhtiar doa untuk Kota Malang damai menuju pilkada.

Tampak hadir dalam acara ini habaib, para kiai, tokoh agama, TNI dan Polri, serta Forkompimda Kota Malang. Dari TNI tampak hadir Danlanal Malang, Danlanud Abd Saleh, Dandim Kota Malang, dan sejumlah petinggi TNI. Dari Polri tampak Kapolresta Malang serta sejumlah perwira Polri. Acara ini diinisiasi Kodim 0833 Kota Malang, Polres Malang Kota, serta Majelis Riyadlul Jannah.

Iringan musik Sholawat menambah khusyuk jamaah untuk bershalawat. Tampak beberapa jamaah mentitikkan air mata sambil melafalkan doa dan shalawat.

Kapolresta Malang AKBP Asfuri, SIK, MH. dalam sambutannya menyampaikan bahwa tabligh akbar ini merupakan bentuk silaturahim yang erat antara umara, ulama dan umat. “Jalinan silaturahim ini penting dijalankan. Terutama untuk menjalin hubungan harmonis antara umara dan rakyat,” tuturnya.

Dengan silaturahim yang erat ini, saling kerjasama ulama, umara dan umat akan terjalin sinergi yang kuat. “Dengan begitu ketentraman di masyarakat akan terwujud,” ujarnya.

Apalagi saat munajat doa yang dipimpin langsung khadimul majelis. “Ya Allah biha..Ya Allah biha. Ya Allahu bihusnil khatimah.”

Doa ini dibaca bersamaan. Suasana khidmat dan haru pun langsung menyelimuti seluruh jamaah yang hadir. Banyak jamaah yang meneteskan air mata. Bahkan jamaah pun menangis tersedu saat mengikuti doa ini.

Sebelumnya, Dandim 0833 Kota Malang Letkol (Inf) Nurul Yakin mengatakan, tabligh akbar ini sebagai bagian dari komitmen TNI dan Polri untuk selalu bersama masyarakat dalam melangkah. Terutama mengawal proses Pilkada Kota Malang dengan tenang dan damai.

’’Kedamaian dan ketentraman Kota Malang ini harus kita jaga bersama. Baik dijaga secara fisik maupun spiritual. Lewat fisik telah kami lakukan sesuai tupoksi, sedang secara spiritual dengan berdoa bersama para ulama dan habaib lewat tabligh akbar ini,’’ ujarnya.

Dzikir dan shalawatan ini diakhiri dengan tausiyah yang disampaikan Ketua Tanfidziah PCNU Kota Malang KH Dr Israqunnajah. Gus Is, sapaan akrabnya, mengajak seluruh jamaah untuk senantiasa bershalawat pada Nabi Muhammad sebagai bentuk kecintaan kepada sang rasul. Dengan cinta rasul, hati akan tenang, pikiran jernih dan nurani tentram.

Tausiyah ini pun makin membuat jamaah khidmat melaksanakan tabligh akbar sinergi TNI-Polri, Forpimda kota malang bersama Majelis Ta’lim Riyadlul Jannah. (*)timesindonesia.co.id