Inovasi Polres Malang Kota memberikan pelayanan Video call bagi keluarga yang jenguk tahanan

Humasmakota – Polres Malang Kota membuat layanan video call antara tahanan dengan keluarga tahanan. Kasattahti Polres Malang Kota, Ipda Didi Sri Purwanto menjelaskan layanan itu sudah berjalan sejak beberapa bulan lalu.

Dia mengklaim layanan ini baru ada di Polres Malang Kota, “Polres lainnya belum ada yang seperti ini. Sejauh ini hanya di Polres Malang Kota,” ujar Didi kepada wartawan, Kamis (27/9/2018).

Adanya layanan video call itu membuat keluarga tahanan yang berada jauh dari Kota Malang bisa komunikasi dengan tahanan, Petugas memyediakan ponsel untuk melakukan video call.

Sebelum menggunakan layanan itu, pihak keluarga harus mendaftarkan diri sehari sebelumnya, Caranya adalah dengan menghubungi nomor 0838-4886-4319 melalui aplikasi WhatsApp (WA).

Jika ingin video call pada hari Selasa, dianjurkan keluarga mendaftar pada hari Senin. “Kemudian keluarga memotret KTP, dan dikirim ke kami. Sampaikan juga keluarga itu mau bicara dengan siapa,” imbuh Didi.

Layanan ini hanya berlaku selama waktu besuk, yaitu Selasa dan Kamis. Didi mengatakan video call dibatasi selama 10 menit, Rentang waktu itu sama dengan waktu jenguk pengunjung yang datang ke tahanan Polres Malang Kota.

“Kadang ada juga keluarga yang minta lebih,” ungkap Didi. Dalam sehari, ada tiga sampai empat orang yang memanfaatkan layanan itu.

Layanan ini juga mengurangi potensi masuknya barang selundupan ke ruang tahanan.

http://suryamalang.tribunnews.com/2018/09/27/kini-keluarga-bisa-video-call-dengan-tahanan-di-penjara-polres-malang-kota?page=2.
Penulis: Benni Indo
Editor: Zainuddin