Kapolres tinjau langsung perhitungan suara di PPK Lowokwaru

Humasmakota – Kapolres Malang Kota (Makota), AKBP Asfuri memantau langsung pengamanan rekapitulasi  penghitungan suara Pemilu 2019 ditingkat kecamatan, Sabtu (20/4/2019).

“Kita pastikan bahwa penghitungan suara di PPK berjalan aman dan tertib,” ujar Kapolres Malang Kota, AKBP Asfuri di sela pantauanya di PPK Lowokwaru.

Asfuri menjelaskan, pengamanan penghitungan suara tingkat kecamatan di Kota Malang diperketat. Sekitar 10-20 personel polisi dibantu TNI, Linmas dan Satpol PP dikerahkan agar penghitungan bisa selesai tanpa halangan.

Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri mengatakan, pengerahan pasukan ini adalah antisipasi segala kemungkinan yang dilakukan oknum atau pihak terkait.

“Kami juga siapkan anggota dengan senjata lengkap. Semua demi terciptanya suasana kondusif,”  tegasnya.

Meski begitu, Asfuri menyatakan di Kota Malang saat ini tidak ada laporan permasalahan terkait penghitungan suara Pemilu 2019. “Tidak ditemukan permasalahan atau intimidasi atau hal lain,” ujarnya.

Pantauan di lokasi, kedatangan Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri disambut Camat Lowokwaru, H. Imam Badar dan Kapolsek  Kompol Pujiyono. AKBP Asfuri tampak pula mengisi buku tamu yang telah disediakan di kantor kecamatan setempat.

Di sana, Kompol Pujiyono melaporkan segala sesuatu yang berkaitan dengan pemilu di Kecamatan Lowokwaru kepada Kapolres Asfuri.

Menurut Asfuri, pengamanan seperti ini dilakukan serentak karena masih termasuk rawan. Pengamanan dinyatakan selesai apabila penghitungan juga dinyatakan rampung dari PPK.

“Kami tingkatkan antisipasi saja. Apalagi kita tahu sekarang tensi sedang tinggi di pusat,” tegasnya.

Untuk mendukung kelancaran proses penghitungan ini sampai selesai, Asfuri mengimbau masyarakat khususnya tim sukses (Timses) atau pendukung calon peserta Pemilu agar bersabar menunggu hasil yang ditetapkan KPU.

“Menunggu dengan tidak melanggar hukum. Nanti apapun hasilnya harus diterima dengan lapang dada. Siap menang dan siap kalah,” tandasnya.

Kapolres berharap, hasil penghitungan suara nantinya dapat diterima semua pihak. Sehingga situasi selalu kondusif. (lil)