Kapolresta Buka Posko Siaga Bencana di Polresta Malang Kota

Humasmakota – Demi mengantisipasi bencana alam, Polresta Malang Kota  (Makota) membangun Posko tanggap darurat bencana. Posko tersebut dibangun di halaman depan Mapolresta Makota, Senin (6/1/2020). 

Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata mengungkapkan, bersama BPBBD, pihak kepolisian siap membantu upaya pencegahan maupun penanganan bencana yang terjadi di Kota Malang. 

“Kepolisian bersama TNI, BPBD, SAR, PMI, Dinas Kesehatan dan instansi lainnya siap membantu upaya tanggap bencana, khususnya bencana banjir yang paling diwaspadai,” katanya di sela apel kesiapsiagaan bencana di halaman Mapolresta Malang Kota, Senin (6/01/2020).

Selain posko tanggap bencana, koordinasi lintas instansi ini juga memastikan ketersediaan infrastruktur dan personel yang disiagakan. “Jadi ada 26 rumah sakit rujukan di Malang yang setiap saat tidak boleh menolak pasien yang emergency. Ada juga 100 ambulance yang setiap saat bisa digunakan,” ungkap Leo.

Pria yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolrestabes Surabaya ini menambahkan, upaya mitigasi bencana tidak hanya dilakukan dengan kesiapan personel dan alat saja. Melainkan juga upaya pembersihan sampah dan saluran air.

“Terkait hal ini akan ada koordinasi lanjutan tentang upaya penanganan sampah, debit air sungai yang mengarah ke Kota Malang, dan yang lainnya Yang jelas status siaga banjir ini akan berlangsung hingga Februari mendatang, karena prediksi BMKG curah juga hujan masih cukup tinggi,” pungkasnya. (lil)