Polisi amankan aksi damai MCW di depan rumah rakyat

Humasmakota – Polres Malang Kota, Kepolisan memberikan pelayanan pengamanan kepada Puluhan massa yang tergabung dalam Malang Corruption Watch (MCW) melakukan aksi di depan Gedung DPRD Kota Malang, Senin (14/10).

Mereka mengajukan beberapa tuntutan. Diantaranya, mendesak presiden menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) untuk undang-Undang KPK hingga substansi perubahan materi UU KPK yang saat ini tidak sesusai dan dinilai mampu melemahkan lembaga anti rasuah. 

Koordinator Aksi, Atha Nur Sasi mengungkapkan, aksi tersebut dilakukan sebagai salah satu bentuk penolakan terhadap UU KPK yang belum lama ini disahkan oleh DPR. Pihaknya menilai, ada dua hal penting yang menjadi dasar penolakan. Pertama, syarat formil pembentukan suatu peraturan perundang-undangan yang tidak memiliki beberapa ketentuan.

Seperti, tidak termasuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) tahun 2019 dan tidak memiliki naskah akademis. “Sehingga, perlu dipertanyakan keberadaan UU KPK ini, baik secara rasionalitas maupun legalitasnya,” terang dia di sela-sela aksi. 

Kedua, ia juga menilai bahwa substansi materi perubahan UU KPK. Menurutnya, ada beberapa poin revisi yang dinilai mengebiri posisi dan kewenangan KPK. Sehingga membuat lembaga anti rasuah tidak lagi independen. “Beberapa hal hilang. Seperti kewenangan pimpinan KPK, hilangnya independensi KPK hingga hilangnya kewenangan dalam tingkat penyelidikan dan penuntutan,” jelas dia. 

Selain itu, ia juga menuntut materi muatan perubahan UU KPK ini dinilai juga telah memicu kepentingan dan masifnya penolakan rakyat melalui demonstrasi, yanh memicu kerusuhan sampai dengan meninggalnya beberapa mahasiswa. “Jika tidak diatasi, dikhawatirkan akan memakan banyak korban berguguran,” papar dia. 

Kegiatan unjuk rasa ini berlangsung kurang lebih selama satu jam, dan berakhir dengan baik dan pihak kepolisian mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu kelancaran kegiatan aksi damai ini, kabag ops yang langsung memimpin pengamanan melakukan apel konsolidasi dengan anggota dan berjalan dengan aman.