Polres Malang Kota tingkatkan pelayanan, wujudkan Wilayah Bebas Korupsi

Humasmakota – Polres Malang Kota bertekad untuk meningkatkan pelayanan dasar pada masyarakat. Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu implementasi untuk mewujudkan zona Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Kapolres Malang Kota, AKBP Asfuri menjelaskan, ada enam pelayanan dasar pada masyarakat yang pelayanannya terus ditingkatkan. Yakni pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM), pelayanan SKCK, pelayanan SPKT, pelayanan penyidikan reskrim, pelayanan penyidikan satreskoba, serta layanan besuk tahanan.
“Universitas Wisnu Wardhana Malang telah melaksanakan survey terkait kualitas pelayanan di enam hal tersebut. Hasilnya, rata-rata nilainya mencapai 90,23. Itu nilai yang sangat bagus bagi kami,” kata AKBP Asfuri, Rabu (23/5/2018).
Menurutnya, hasil penilaian tersebut tidak serta merta membuat Polres Makota berpuas diri. Namun hasil survey itu akan menjadi motivasi untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat demi mewujudkan WBK dan WBBM.
“Ke depan, Polres Malang Kota bisa mencapai pelayanan prima bebas korupsi, sebab tidak akan ada pungutan liar,” tuturnya.
Dalam rangka pencegahan praktik pungli tersebut, Asfuri menghimbau masyarakat untuk tidak memberikan imbalan dalam bentuk apapun pada kepolisian, kecuali layanan yang harus membayar sesuai ketentuan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) seperti pengurusan SIM.
“Pelayanan di kepolisian gratis tanpa dipingut biaya kecuali yang tertuang dalam PNBP. Selain itu, tidak ada pungutan-pungutan lain yang diberikan kepada anggota kami,” tegasnya.
Ia menambahkan, dalam enam pelayanan dasar tersebut, Polres Makota kini juga telah menyiapkan sarana prasarana tambahan, diantaranya ruang bermain anak, ruang menyusui, dan fasilitas tambahan lainnya.
“Ke depan perbaikan di sisi pelayanan juga diiringi perbaikan sarana prasarana, sehingga masyarakat yang masuk ke Polres merasa nyaman,” pungkas Asfuri. (num)