Provost Polres Makota tertibkan puluhan senjata Anggota yang habis masa berlakunya

Humasmakota – Sebanyak 53 senjata api (senpi) anggota Polres Malang Kota ”Balik kandang” kemarin, (25/7). Itu karena masa berlaku peminjaman senpi tersebut sudah habis. Unit Provos Polres Malang Kota menyita senjata tersebut dan meminta peminjam melakukan tes ulang.

Senpi anggota Polres Malang Kota belakangan memang sering tepat sasaran. Saat ada penjahat yang melawan, sesuai standar operasional prosedur (SOP), peluru senpi anggota jarang luput dari sasaran. Namun evaluasi terhadap penggunaan senpi tidak pernah kendor.

Kasubbag Hum as Polres Malang Kota Ipda Marhaeni menyebut, Unit Provos Polres Malang Kota memang sedang bersih-bersih. Maksudnya, pihaknya melakukan evaluasi untuk penggunaan senjata anggota Polres Malang Kota. ”Evaluasi dilakuka untuk melihat bagaimana senpi digunakan berikut laporan-laporannya,” terangnya.

Dari 190 senpi di tangan anggota, ada 53 yang saat ini dikembalikan. Itu karena masa peminjaman senpi tersebut telah habis. Masa peminjaman senpi lanjutnya, berlaku setahun. Maka polisi harus melakukan uji dan lagi ke Polda Jawa Timur untuk kembali mendapatkan senjata.

”Untuk memperpanjang penggunaan, itu harus dites lagi. Bagaimana psikologinya dan kepribadiannya selama enam bulan pengajuan kembali,” kata mantan Kasium Polres Malang Kota itu. Kondisi psikologis, merupakan salah satu evaluasi yang penting. Karena jika memegang senpi, ditakutkan tidak menggunakannya dengan tepat. (jaf)