Siap Amankan Kota Malang di hari Natal dan Tahun Baru, TNI – Polri bersinergi

Humasmakota – Polresta Malang Kota, Mendekati momen Hari Raya Natal dan Tahun Baru, Kapolresta Malang Kota, AKBP Leonardus Simarmata dan Dandim 0833 Kota Malang mendatangi beberapa gereja. Mulai dari Gereja Hati Kudus, GKI Bromo, Gereja Katedral Ijen hingga Gereja St Albertus Blimbing. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan kenyamanan beribadah bagi yang merayakan.

Untuk pengamanan momen Natal dan Tahun Baru, pihak kepolisian menyiapkan 700 personel. Sementara, dari TNI ada 100 personel. “Selain itu, ada tambahan pasukan dari Linmas, Relawan, Satpol PP hingga Dinas Perhubungan (Dishub),” terang Leo.

Selain itu, pihak kepolisian juga mendirikan empat pos pengamanan di sekitar gereja. Mulai dari di wilayah Ijen, Kayutangan, Blimbing hingga di sekitar Cyber Mall. “Pos pengamanan ini sekaligus diadakan untuk Operasi Lilin Semeru 2019 mulai 23 Desember hingga 1 Januari 2020,” kata dia.

Pada kesempatan tersebut, Leo mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan konvoi, khususnya saat malam tahun baru. “Tidak perlu gelar konvoi, di rumah saja lakukan pengajian atau doa bersama keluarga,” lanjut dia.

Selain itu, ia meminta masyarakat untuk menghindari public area yang ada kerumunan banyak orang. “Hindari area yang harus menutup jalan. Agar tidak menimbulkan kemacetan,” lanjut dia.

Dalam pengamanan Nataru, pihaknya mewaspadai potensi kerawanan radikalisme dan terorisme. “Untuk itu, kami meminta tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk ikut berpartisipasi. Ada informasi sekecil apapun, langsung laporkan kepada penegak hukum,” kata dia.

Selain itu, pihaknya juga mewaspadai peredaran narkoba dan minuman keras (miras). Setelah sebelumnya, Polresta Malang Kota berhasil melakukan razia narkoba dan miras di beberapa tempat  “Kami akan lakukan proses hukum bagi siapapun yang menggunakan narkoba dan miras,” tegas Leo.

Sementara itu, Dandim 0833 Kota Malang, Letkol Inf Tommy Anderson menambahkan, pihaknya siap mendukung pelaksanaan pengamanan Nataru yang dilakukan oleh pihak kepolisian dan juga Pemerintah Kota (Pemkot) Malang. “Kami siap bersinergi dan bekerjasama untuk menjaga situasi Kota Malang agar kondusif. Agar masyarakat nyaman tanpa ketakutan,” tandas dia. (tea/Malangpostonline.com)