Tips Aman saat rumah di tinggal Mudik

Humasmakota Tradisi mudik sudah menjadi agenda tahunan jelang hari raya Idul Fitri di Indonesia. Karena itu untuk menghadapi mudik diperlukan persiapan yang matang agar perjalanan menyenangkan.

Polres Malang Kota (Makota) melalui Kabag Humas Ipda Ni Made Seruni Marhaeni, S.H memberikan himbauan kepada masyarakat yang akan mudik agar selamat sampai tujuan dan kembali dengan lancar.

Marhaeni menjelaskan, bahwa masyarakat yang akan mudik hendaknya memperhatikan keamanan rumah, persiapan kendaraan, hingga keselamatan selama di perjalanan.

“Bagi pemudik harus diperhatikan keamanan rumah yang ditinggalkannya. Jangan sampai ketika mudik tetapi rumahnya ditinggal dalam keadaan tidak aman”, kata Marhaeni saat dihubungi Sketsanews, Rabu (6/6/2018).

Marhaeni menghimbau untuk memastikan semua jendela dan pintu terkunci dengan baik. Selain itu, mematikan aliran air dan listrik selama ditinggal mudik.

Sementara itu, bagi para pemudik yang menggunakan kendaran pribadi agar mengecek kembali kelengkapan surat-surat kendaraan seperti SIM, STNK, serta kelengkapan lainnya.

“Bagi pengendara roda empat, agar memperhatikan keselamatannya diri sendiri dan seluruh penumpangnya dengan memakai sabuk pengaman”, ujar Marhaeni.

Marhaeni menambahkan, kepada pengguna kendaraan roda dua untuk selalu memperhatikan keselamatan pengemudi dan penumpang serta tidak membawa penumpang lebih dari satu orang.

“Jika selama dalam perjalanan mengalami kantuk ataupun lelah, maka lebih baik beristirahat di tempat yang aman. Bisa di Kantor Polisi, Pos Pam ataupun di Pos-pos Pelayanan”, terang Marhaeni.

Lebih lanjut, Kabag Humas Polres Malang Kota mengingatkan agar sebelum bepergian untuk selalu berdoa memohon keselamatan. (Sketsanews.com)